Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD

Madinah, Claudia (Unknown)
Silalahi, Beta Rapita (Unknown)
Sukmawarti (Unknown)
Napitupulu, Safrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan 3 tahap. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu penelaah ahli materi, penelaah ahli media, penelaah ahli Bahasa, dan guru kelas IV. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi II sebesar 100%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media II sebesar 86%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli bahasa sebesar 90%. Skor validasi ahli pembelajaran oleh guru sebesar 94%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD yang dikembangkan sudah “sangat Valid/Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...