Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 9 (2025): Juli

Penyuluhan tentang Bulying di SMP NU Gondang Legi dan Rekrutmen Maba di MA NU Gondang Legi dalam Pengabdian Masyarakat Berbasis Potesi ( PMBP)

Wahyudi, Heri (Unknown)
Susilawati, Lis (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Pengabdian Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) merupakan program wajib bagi mahasiswa Universitas Insan Budi Utomo Malang yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam kehidupan masyarakat secara nyata. Kegiatan PMBP ini dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, dengan fokus utama pada dua kegiatan, yaitu penyuluhan tentang bullying di SMP NU Gondanglegi dan sosialisasi rekrutmen mahasiswa baru di MA NU Gondanglegi. Penyuluhan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang jenis-jenis bullying, dampak negatif yang ditimbulkan, serta cara mencegah dan menghadapinya. Sedangkan sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pendidikan tinggi dan mengenalkan Universitas Insan Budi Utomo kepada siswa kelas XII. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik ceramah, diskusi, tanya jawab, serta penggunaan media pendukung seperti presentasi dan video edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap isu bullying serta tumbuhnya semangat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam berinteraksi dan berkontribusi kepada masyarakat, serta mengasah kemampuan komunikasi dan kepedulian sosial mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...