Pengembangan keterampilan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran menuntut adanya model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model yang diyakini efektif adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), yang menempatkan mahasiswa sebagai subjek aktif dalam proses pembelajaran melalui penyelesaian proyek secara mandiri maupun kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL dalam mata kuliah Media Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang dibagikan kepada 62 mahasiswa peserta perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap penerapan model PjBL sangat positif. Mahasiswa merasa lebih termotivasi, aktif, serta mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Selain itu, mereka juga merasakan peningkatan dalam pemahaman konsep dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL efektif dalam mendukung proses pembelajaran berbasis praktik, serta mampu meningkatkan keterlibatan dan kemampuan mahasiswa dalam konteks pendidikan dasar. Model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam perkuliahan berbasis keterampilan.
Copyrights © 2025