Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 163 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 peserta didik. Instrumen berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji-t independen, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi (79,85) dibandingkan kelas kontrol (69,36), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan perbedaan signifikan. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 54,12% (kategori sedang) dan kelas kontrol 32,24% (kategori tidak efektif). Observasi aktivitas belajar menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen. Kesimpulannya, penggunaan Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Canva dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025