Model pembelajaran yang kurang menarik memengaruhi hasil kemampuan membaca siswa di Sekolah Dasar. Rendahnya hasil belajar membaca siswa menjadi alasan mendasar penerapan model pembelajaran literasi, orientasi, kolaborasi, dan refleksi (LOK-R) berbantuan Ice Breaking siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran LOK-R berbantuan Ice Breaking terhadap kemapuan membaca siswa. Jenis penelitian menggunakan penelitian pre-eksperimen design jenis one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD sebanyak 381 siswa. Sampel penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 24 siswa, 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model LOK-R berbantuan Ice Breaking berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Hasil diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan model LOK-R berbantuan Ice Breaking dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa siswa di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025