Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

BAHASA DAN BUDAYA : CERITA PENGABDIAN MAHASISWA DI PRATHOM SUKSA (SEKOLAH DASAR) CHITPHAKDI WITTAYA KRONGPINANG SCHOOL, THAILAND

Gna, Uas (Unknown)
Safitri, Washlurachim (Unknown)
Ananda, Ririn Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Bahasa Inggris merupakan keterampilan penting di era global sebagai alat komunikasi internasional dan sarana untuk mengakses informasi secara luas. Namun, penguasaan bahasa Inggris di Thailand, khususnya tingkat sekolah dasar (Prathom Suksa), masih menghadapi berbagai kendala, seperti terbatasnya guru yang kompeten dan metode pengajaran yang kurang aplikatif. Untuk menjawab tantangan tersebut, dilaksanakan program Praktik PTMA Yala yang melibatkan mahasiswa Indonesia dalam kegiatan mengajar secara langsung di sekolah-sekolah lokal. Penulis ditempatkan di Chitphakdi Wittaya Krongpinang School, Provinsi Yala, untuk mengajarkan bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar (Prathom Suksa). Dalam praktiknya, salah satu kendala yang dihadapi adalah perbedaan bahasa antara pengajar dan siswa. Sebagai solusi, digunakan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan melalui gambar, audio, video, dan permainan edukatif. Pendekatan ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan meningkatkan minat serta kemampuan siswa dalam bahasa Inggris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...