EDUCASIA : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Vol 10 No 2 (2025): Educasia, 10(2), August 2025

Peluang dan Tantangan Integrasi Artificial Intelligence Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Fauzi, Muhammad Rizqi (Unknown)
Zahro, Sholihah Fatimatuz (Unknown)
Bashith, Abdul (Unknown)
Hakim, Moh Junaidi Mohtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peluang serta tantangan integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui penelusuran dan analisis literatur primer dan sekunder yang relevan, baik berupa jurnal, buku, maupun hasil penelitian sebelumnya yang membahas implementasi AI pada bidang pendidikan, khususnya PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi AI berpotensi meningkatkan efisiensi, objektivitas, dan personalisasi dalam proses evaluasi pembelajaran PAI, seperti melalui otomasi penilaian, analisis data pembelajaran, serta pemberian umpan balik adaptif kepada peserta didik. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan literasi digital guru, infrastruktur teknologi yang belum merata, serta isu etika dan privasi data. Studi ini merekomendasikan perlunya penguatan kompetensi digital pendidik, pengembangan kebijakan etis, serta kolaborasi lintas disiplin untuk optimalisasi pemanfaatan AI dalam evaluasi pembelajaran PAI. Dengan demikian, integrasi AI dapat menjadi solusi inovatif yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan agama Islam di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

EDUCASIA, e-ISSN 2527-5011 dan p-ISSN: 2502-9150 adalah Jurnal yang menerbitkan tulisan baik artikel hasil penelitian maupun artikel kajian kepustakaan bidang Pendidikan, Pengajaran, dan ...