Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGARUH MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL BUKA KOTAK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Warraihanah, Dzul Asfi (Unknown)
Suryani, Dwi Indah (Unknown)
Biru, Lulu Tunjung (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kerjasama Team Games Tournament (TGT) Berbantuan media Wordwall Buka Kotak terhadap hasil belajar kognitif speserta didik kelas VIII pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi experimental design dengan pola Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik dari kelas VIII A dan VIII B. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII A adalah 79,94. Hasil ini lebih baik jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII B yang hanya 68,8. Penggunaan paradigma pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media Wordwall Buka Kotak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII A, hal ini ditunjukkan dengan hasil Independent Sample T Test yang menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...