Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Pakaya, Lifna Agustianingsih (Unknown)
Mursalin, Mursalin (Unknown)
Buhungo, Trisnawaty Junus (Unknown)
Lamangantjo, Chairunnisah J. (Unknown)
Paramata, Dewi Diana (Unknown)
Yusuf, Frida Maryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Tujuan dalam riset ini adalah untuk menyelidiki apakah terdapat dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap pencapaian studi siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup (suatu penelitian pada murid kelas VII di SMP Negeri 2 Suwawa). Penelitian ini menggunakan jenis Quasy Experimental Design dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini ialah murid kelas VII-I dengan jumlah 27 murid untuk kelas eksperimen, dan kelas VII-II berjumlah 23 murid untuk kelas kontrol. Riset ini menggunakan sistem pengumpulan data menggunakan percobaan berupa soal pilihan ganda. sistem analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan percobaan validitas, percoban reliabilitas, percobaan normalitas yang menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, dan percobaan homogenitas, dan percobaan hipotesisnya menggunakan percobaan -t. Berdasarkan hasil kalkulasi diperoleh thitung = 2.319 dan ttabel = 2.010, karena thitung > ttabel maka H_(0 )dan H_1diterima. Jadi dapat disimpulkan model penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh pada hasil belajar murid kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...