Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 066044 Helvetia melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa serta rendahnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis TaRL mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 50%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Selain itu, terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, serta kemampuan kerja sama dalam kelompok. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa integrasi model pembelajaran PBL dan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) efektif dalam mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025