DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 3 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Pemanfaatan Media Pembelajaran Kahoot untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Pratiwi, Ayu (Unknown)
Puspita, Bella (Unknown)
Islamy, Sofyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas V Sekolah Dasar dengan mendeskripsikan proses pemanfaatan media pembelajaran Kahoot, menganalisis peningkatan penguasaan kosa kata, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media tersebut. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas V SDN 02 Pajo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif (rata-rata dan persentase ketuntasan) serta kualitatif (deskriptif). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosa kata siswa. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 62 dengan hanya 32% siswa mencapai KKM. Setelah siklus pertama, nilai rata-rata meningkat menjadi 72 dengan 60% siswa tuntas. Puncaknya, pada siklus kedua, nilai rata-rata mencapai 82 dengan 88% siswa tuntas KKM, menunjukkan keberhasilan Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar. Data Observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas, antusiasme, dan semangat siswa, sementara angket menunjukkan respon positif siswa, yang merasa lebih mudah mengingat kosa kata dan lebih percaya diri. Secara keseluruhan, penggunaan media pembelajaran Kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar, sekaligus meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan perangkat dan jaringan internet perlu menjadi perhatian dalam implementasinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...