Arus Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Media Budaya Cerita Rakyat Dalam Bentuk Buku Bergambar di Sekolah Dasar

Rahayu, Fitriani (Unknown)
Mulyono, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca siswa kelas II di SDN 1 Teniga yang disebabkan oleh buku bacaan yang tidak bervariatif, judul dan isi buku yang kurang menarik bagi siswa, ketidakpahaman siswa terhadap isi bacaan, serta metode kegiatan membaca di kelas yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas rendah melalui pemanfaatan media budaya berupa cerita rakyat dalam bentuk buku bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat membaca siswa dari pra siklus 26,6% menjadi 53,3% pada siklus I, dan menjadi 86,6% pada siklus II. Penggunaan media budaya berupa cerita rakyat dalam bentuk buku bergambar efektif meningkatkan minat membaca siswa kelas II SDN 1 Teniga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi guru dan praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...