Penelitian ini mendeskripsikan implementasi soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi dengan konsep Green Industry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 di SDN Kedaung Wetan 7, Kota Tangerang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis perancangan, penerapan, dan evaluasi soal HOTS Green Industry oleh guru, serta persepsi siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi konsep Green Industry telah dilakukan, namun tingkat kedalaman dan kompleksitasnya bervariasi. Guru menyadari pentingnya HOTS dan keberlanjutan, tetapi menghadapi tantangan dalam merumuskan soal yang secara konsisten memicu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, terutama karena keterbatasan waktu dan referensi. Penelitian ini merekomendasikan dukungan pengembangan profesional guru dan penyediaan sumber daya pembelajaran inovatif untuk mendukung integrasi kurikulum.
Copyrights © 2025