Cendikia Pendidikan
Vol. 14 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN SOAL HOTS BERBASIS GREEN INDUSTRY PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 DI SDN KEDAUNG WETAN 7 KOTA TANGERANG

Suci Arwindi (Unknown)
Ina Magdalena (Unknown)
Annisa Salsabila (Unknown)
Nadya Marchani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi dengan konsep Green Industry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 di SDN Kedaung Wetan 7, Kota Tangerang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis perancangan, penerapan, dan evaluasi soal HOTS Green Industry oleh guru, serta persepsi siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi konsep Green Industry telah dilakukan, namun tingkat kedalaman dan kompleksitasnya bervariasi. Guru menyadari pentingnya HOTS dan keberlanjutan, tetapi menghadapi tantangan dalam merumuskan soal yang secara konsisten memicu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, terutama karena keterbatasan waktu dan referensi. Penelitian ini merekomendasikan dukungan pengembangan profesional guru dan penyediaan sumber daya pembelajaran inovatif untuk mendukung integrasi kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...