JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN
Vol. 2 No. 3 (2025): JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN  September

STRATEGI EKSPOR PRODUK UMKM KE PASAR INTERNASIONAL: STUDI KASUS PADA USAHA SEVEN COWBOY LEATHER

Ahmad Zhofaro Jawharul fadl (Unknown)
Farhan Mukti Mutakin (Unknown)
Muhammad Raihan Ramadhani (Unknown)
Muhammad Zaidan Ilham Supriadi (Unknown)
Nazhara Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik ekspor langsung produk kerajinan kulit oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung ke Malaysia melalui kerja sama dengan UMKM lokal yaitu Seven Cowboy Leather. Kegiatan ini mencakup tahapan komunikasi dengan pemilik usaha, pembelian produk, pemasaran, serta proses pengiriman dan penerimaan barang oleh konsumen di luar negeri. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk memaparkan langkah-langkah ekspor serta tantangan dan solusi yang dihadapi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meskipun dilakukan secara sederhana dan tanpa skema harga khusus, ekspor dapat terlaksana dengan baik melalui komunikasi efektif, penggunaan jasa logistik internasional, dan pemanfaatan media sosial. Temuan ini memperlihatkan potensi besar pelaku muda dalam mendorong perluasan pasar produk UMKM ke tingkat global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jaem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN (JAEM) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...