Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Bahasa Mandarin terhadap peningkatan karier mahasiswa Program Sarjana Terapan Bahasa Mandarin Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dalam konteks era globalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner kepada 36 mahasiswa dari semester 2, 4, 6, dan 8. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai Cronbach's Alpha berkisar 0,761-0,802. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata subvariabel berada pada kategori "netral-setuju" (2,94-3,09). Namun, hasil regresi menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Bahasa Mandarin terhadap peningkatan karier mahasiswa (p-value = 0,420 > 0,05), dengan nilai koefisien determinasi R² sebesar 0,011. Meskipun demikian, mahasiswa tetap merasakan manfaat pembelajaran Bahasa Mandarin terutama dalam hal relevansi dengan dunia kerja dan kesiapan karier. Penelitian ini memberikan implikasi pentingnya penguatan kurikulum yang lebih kontekstual dan terintegrasi dengan dunia industri untuk meningkatkan keterkaitan langsung antara pembelajaran dan kesiapan karier mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025