JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sijunjung melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT

Dwi Cahyani, Intan (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)
Azhar, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan capaian belajar pada kelas VII.3 di SMPN 1 Sijunjung dalam mata pelajaran IPA dengan model kooperatif tipe TGT. Metode penelitian ini yaitu PTK yang mencakup 4 langkah, diantaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, subjeknya sebanyak 32 siswa dari kelas VII.3 SMP Negeri 1 Sijunjung. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bisa dilihat adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat ketika sebelum dilakukan PTK rata-rata hasil belajar sebesar 54,94, setelah dilakukan siklus 1 rata-rata nya naik menjadi 70,13, pada siklus 2 naik lagi mencapai 85,72. Persentase ketuntasan belajar juga menunjukkan tren yang meningkat, yakni dari 22% sebelum tindakan, menjadi 63% di siklus I, dan mencapai 81% di siklus II. Merujuk pada temuan tersebut, terbukti bahwa penerapan model ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Sijunjung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...