JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Menggunakan Metode Solfeggio Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Petir

Sulistyawati, Hesti (Unknown)
Permana, Rian (Unknown)
Rizal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Petir melalui penerapan metode Solfeggio. Metode ini merupakan pendekatan pedagogis dalam pembelajaran musik yang menekankan pada latihan solmisasi guna memperkuat pemahaman pola nada, intonasi, dan interval. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik bernyanyi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bernyanyi siswa secara signifikan dari pra-siklus ke Siklus 1, dan meningkat kembali pada Siklus 2. Peningkatan tersebut mencakup aspek intonasi, artikulasi, ketepatan nada, serta ekspresi dalam bernyanyi. Selain itu, motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan setelah metode Solfeggio diterapkan secara konsisten. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Solfeggio efektif dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa. Metode ini disarankan untuk diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran seni musik vokal di sekolah menengah. Penelitian ini juga membuka peluang untuk pengembangan metode solfeggio dalam konteks pembelajaran vokal lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...