Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni 2025

Pengembangan Video Screencast-O-Matic untuk Pembelajaran Teks Prosedural: Efektifkah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.?

wangi, Nisaul barokati seliro (Unknown)
Salim, M Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis screencast untuk pengajaran teks prosedural dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan mengevaluasi daya tarik, efektivitas, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) model prosedural, dengan mengikuti tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, validasi, dan uji coba di kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner (kuantitatif dan kualitatif), serta pre-/post-test untuk menilai peningkatan kognitif. Validasi ahli mengonfirmasi kesesuaian video (konten, desain media, dan kegunaan), sementara umpan balik siswa menunjukkan daya tarik yang tinggi (tingkat keterlibatan 85%). Hasil analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teks prosedural siswa (p < 0.05, Cohen’s d = 1.2), hal ini berarti penerapan video pembelajaran sangat efektif. Temuan ini menyoroti kelayakan video screencast dalam meningkatkan keterampilan menulis prosedural dan merekomendasikan integrasinya ke dalam lingkungan blended learning dan pembelajaran mandiri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...