Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis screencast untuk pengajaran teks prosedural dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan mengevaluasi daya tarik, efektivitas, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) model prosedural, dengan mengikuti tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, validasi, dan uji coba di kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner (kuantitatif dan kualitatif), serta pre-/post-test untuk menilai peningkatan kognitif. Validasi ahli mengonfirmasi kesesuaian video (konten, desain media, dan kegunaan), sementara umpan balik siswa menunjukkan daya tarik yang tinggi (tingkat keterlibatan 85%). Hasil analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teks prosedural siswa (p < 0.05, Cohen’s d = 1.2), hal ini berarti penerapan video pembelajaran sangat efektif. Temuan ini menyoroti kelayakan video screencast dalam meningkatkan keterampilan menulis prosedural dan merekomendasikan integrasinya ke dalam lingkungan blended learning dan pembelajaran mandiri siswa.
Copyrights © 2025