Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman materi salat bagi siswa tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, dengan pelaksanaan penelitian pada MeiāJuni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran yang adaptif, seperti pengaturan waktu dan ruang belajar, penggunaan media visual, demonstrasi gerakan salat, serta pendekatan individual. Pemahaman siswa dipengaruhi oleh faktor internal (minat, konsentrasi, kesiapan fisik dan psikologis), strategi guru, media pembelajaran, lingkungan belajar, serta dukungan keluarga. Strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tunarungu terhadap materi salat secara signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025