Perkembangan teknologi informasi mendorong berbagai instansi pemerintah, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo untuk meningkatkan layanan publik melalui implementasi e-Government. Melalui website resminya, dispendik.situbondokab.go.id menjadi portal utama bagi masyarakat untuk mengakses berbagai informasi dan layanan, terutama terkait pendidikan. Namun, berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa website tersebut belum pernah dilakukan evaluasi kualitasnya sejak 2018. Selain itu, beberapa masalah ditemukan, seperti lambatnya layanan pengaduan dan waktu loading yang lama. Hasil penelitian menunjukkan pada penilaian tingkat kesesuaian, setiap atribut dimensi E-GovQual memiliki hasil kurang dari 100%, dengan rata-rata 90,22%. Pada hasil penilaian kesenjangan, nilai yang dihasilkan kurang dari 0 dengan rata-rata -0,41 untuk keseluruhan dimensi. Hasil penilaian analisis kesesuaian yang kurang dari 100% dan hasil analisis kesenjangan yang bernilai negatif menunjukkan kinerja (performance) yang dirasakan pengguna masih berada di bawah tingkat kepentingan (importance). Atribut prioritas tinggi untuk perbaikan berada di kuadran A, seperti Info up-to-date, Personal data security, Personal data use, Service delivery successful, Site fast download, Help desk interest, Help desk promt reply. Kemudian, atribut prioritas rendah di kuadran C mencakup Site Structure, Site-map, Provision of Min Personal Data, Site avaibility, Services provided on time. Rekomendasi perbaikan disusun untuk setiap indikator pada kedua kuadran berdasarkan hasil analisis IPA.
Copyrights © 2025