Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPAS Siswa Kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung Lamongan

Arisinta, Enrika Triana (Unknown)
Kharisma, Ahmad Ipmawan (Unknown)
MZ, AF Suryaning Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan media pembelajaran berupa Flipbook berbasis Augmented Reality sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS materi siklus air. Latar Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa karena media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat valid digunakan, yang dibuktikan oleh hasil validasi ahli media 93,33% dan validasi ahli desain 93,85 %, dan ahli materi 91,25%, seluruh hasil validasi oleh ahli dikategorikan sangat valid. (2) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh hasil persentase uji coba terbatas 87% dan uji coba lapangan 95,5%

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...