JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Media Websej (Website Sejarah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kausalitas Siswa di SMAN 1 Baso

Alkhusari, Hafiz (Unknown)
Afriani, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis digital yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir kausalitas siswa dalam mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Website Sejarah (WebSej) sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kausalitas siswa di SMAN 1 Baso. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan pada 16 Juli 2025 dengan melibatkan 28 siswa kelas XI.6 SMAN 1 Baso. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket tertutup berskala Likert 1–5 yang disebarkan kepada ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Website Sejarah yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan skor validasi ahli materi sebesar 86,92% dan ahli media sebesar 86,59%. Sementara itu, tingkat kepraktisan berdasarkan respon peserta didik mencapai 85,07% dan guru sebesar 92%, keduanya termasuk kategori sangat praktis. Kesimpulannya, media Website Sejarah layak digunakan dalam pembelajaran sejarah di tingkat sekolah menengah atas karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, serta berdampak positif terhadap motivasi dan pengalaman belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...