JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD

Maduwu, Ernasari (Unknown)
Sinaga, Agustina Rodame (Unknown)
Gultom, Putri Wahyuni (Unknown)
Aritonang, Trechi Trinita (Unknown)
Ismail, Putri Roka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Media pembelajaran bergambar telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian terdahulu menunjukkan penggunaan media gambar meningkatkan minat dan hasil belajar. Misalnya, Lakari dkk. (2021) menemukan bahwa strategi guru dalam pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV. Suwarti (2021) melaporkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar secara signifikan menaikkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian lain oleh Dianto (2022) menunjukkan ketuntasan belajar siswa IPS naik dari 40% menjadi 76% dan minat belajar meningkat dari 56% menjadi 88% setelah penggunaan media visual. Temuan ini sejalan dengan Tobamba dkk. (2019) yang menegaskan adanya pengaruh signifikan media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar IPS yang ditinjau dari minat siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran IPS di kelas IV SD. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil utama penelitian menunjukkan peningkatan signifikan baik pada minat maupun hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar. Skor rata-rata belajar siswa naik setiap siklus dan persentase ketuntasan klasikal melewati KKM, diikuti perbaikan minat belajar yang teramati. Dengan demikian, penggunaan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...