Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping berbantuan TikTok terhadap hasil belajar materi Global Warming pada peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Takalar, karena pembelajaran fisika di sekolah tersebut cenderung membosankan dan materi Global Warming sulit dipahami, terutama oleh peserta didik dengan gaya belajar visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Takalar tahun ajaran 2024 (175 siswa), dengan sampel 120 peserta didik yang diambil melalui teknik purposive sampling, dibagi menjadi kelompok eksperimen (60 siswa) dan kontrol (60 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pascates) dan modul ajar, dengan validitas diuji menggunakan uji Gregory. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas, dan uji hipotesis Mann-Whitney U) dengan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji Mann-Whitney U sebesar 0,033 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan Mind Mapping berbantuan TikTok terhadap hasil belajar peserta didik. Simpulan, model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar materi Global Warming.
Copyrights © 2025