Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran adalah rendahnya pencapaian belajar siswa pada mata pelajaran IPA di tingkat SD ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang belum mampu memfasilitasi partisipasi aktif siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pencapaian belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur secara sistematis. Discovery Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengikutsertakan siswa secara aktif dalam menelusuri, mengamati, dan memahami konsep dengan usaha sendiri. Kajian dilakukan dengan menelusuri artikel-artikel ilmiah dari berbagai basis data tepercaya, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya Hasil kajian mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning secara berkelanjutan berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan temuan tersebut, Discovery Learning dinilai sebagai model yang efektif dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di SD, serta dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang bermakna.
Copyrights © 2025