Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Siswa Kelas V SD Muhammadiyah IDI Tello Baru. Jenis penelitian ini adalah adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel purposive (Purposive Sampling). Dalam hal ini sampelnya terdiri dari satu kelas yaitu seluruh murid kelas VA SD Muhammadiyah IDI Tello Baru yang berjumlah 20 siswa, siswa laki-laki sebanyak 13 orang dan siswa perempuan sebanyak 7 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh model active learning tipe role reversal question terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Muhammadiyah IDI Tello Baru. Model Active Learning tipe Role Reversal Question berpengaruh positif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Muhammadiyah IDI Tello Baru. Model ini membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam melalui aktivitas saling bertukar peran, yang mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, dan empati. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan mendorong peningkatan hasil belajar pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025