JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Korelasi Motivasi dan Hasil Belajar melalui Media Pembelajaran yang Dikembangkan dengan Integrasi Live Coding dan Model AIR

Misbah, Indra (Unknown)
Munir, Munir (Unknown)
Megasari, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan dengan integrasi live coding dan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Media ini dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar interaktif dan berulang guna meningkatkan keterlibatan siswa secara kognitif dan afektif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan desain one-group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar berbasis model ARCS, yang diberikan kepada 36 siswa sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara dua variabel utama. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi live coding dan model AIR dalam media pembelajaran berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa melalui penguatan motivasi belajar. Penelitian ini mendukung pengembangan media dan strategi pembelajaran yang efektif di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...