Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 8, No 2 (2025): Juli 2025

Mengatasi Kondisi Somnolen (Mengantuk) dalam Belajar Melalui Penerapan Layanan Konten Teknik High Touch dan High Tech Pada Siswa

Laily Misri, Laily (Unknown)
Lesmana, Gusman (Unknown)
Aguslina, Aguslina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kondisi somnolence (mengantuk) dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP N 29 Medan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian  ini berawal dari problematika yang sering dialami oleh siswa yaitu somnolence atau yang lebih dikenal dengan mengantuk, jika prilaku ini tidak segera diatasi maka akan berdampak pada prestasi siswa di sekolah. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus kedua dilakukan dengan 4 tahapan yang sama yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasi penelitian PTBK yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama belum terjadi adanya perubahan prilaku terhadap diri siswa sehingga dilanjutkan dengan siklus kedua dan terlihat adanya perubahan prilaku yang terjadi pada diri siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi kondisi Somnolence (mengantuk) dalam belajar diperlukannya layanan Konten dengan teknik High Touch dan High Touch pada diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...