Pendahuluan: Penyandang disabilitas, khususnya tunarungu, masih menghadapi hambatan dalam mengakses dunia kerja. Sekitar 65% perusahaan di Indonesia enggan mempekerjakan mereka karena kurangnya pemahaman terhadap potensi yang dimiliki. Studi ini bertujuan untuk memberdayakan pelajar tunarungu melalui pelatihan copywriting Bahasa Inggris berbasis kecerdasan buatan guna membuka peluang karier di industri digital global. Metode: Program dilaksanakan di SLB B YAKUT Purwokerto melibatkan 23 siswa SMALB dengan metode blended learning (60% tatap muka, 40% daring) selama 12 minggu. Materi meliputi copywriting dan penggunaan AI tools seperti ChatGPT dan Grammarly. Data dikumpulkan melalui pretest, postest, observasi, portofolio, dan kuesioner kepuasan. Hasil: Terdapat peningkatan rata-rata 40% dalam kemampuan copywriting. Sebanyak 75% proyek siswa memenuhi standar industri. Kepuasan peserta mencapai 85%, dan 80% merasa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi AI. Kesimpulan: Program ini efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri siswa tunarungu melalui pembelajaran berbasis teknologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025