Jurnal SOLMA
Vol. 14 No. 2 (2025)

Pelatihan Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menggunakan Aplikasi Blended Learning Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta

Hamzah, Amir (Unknown)
Syarifuddin, Ahmad (Unknown)
Oktamarina, Lidia (Unknown)
Alfi, Jihan (Unknown)
Setiawan, M. Deri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Pendahuluan: Perencanaan strategis pendidikan merupakan rencana lima tahunan sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam bidang pendidikan. Pembangunan pendidikan pada periode 2016–2021 mengacu pada RPJMD 2016–2021, Rencana Strategis Pendidikan Nasional 2016–2021, serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005–2025. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MI Swasta di OKU Selatan dalam asesmen kompetensi minimum dan penggunaan teknologi pembelajaran. Metode: Participatory Action Research (PAR). Hasil: Guru memahami konsep asesmen kompetensi minimum, menguasai penggunaan aplikasi Wondershare Quiz Creator, dan terbentuknya Kelompok Kerja Guru (KKG) khusus Guru MI Swasta di OKU Selatan. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif berupa peningkatan kompetensi guru dalam asesmen dan teknologi pembelajaran, serta terbentuknya komunitas guru yang berkelanjutan. Tindak lanjut kegiatan dilakukan melalui publikasi dan pemantauan daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...