Saat ini pendidikan karakter yang terjadi di kalangan pendidik serta masyarakat mendapatkan perhatian lebih. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mempunyai nilai-nilai penting untuk dikembangkan dalam budaya satuan pendidikan. Pendidikan karakter harus dilaksanakan sedini mungkin, karena pendidikan karakter bukan hanya sekedar pembiasaan perilaku melaikan tentang pengembangan pemikiran yang baik, jika karakter dan perilaku anak ibu baik, maka akan menjadikan anak tersebut berhasil. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini melalui tinjauan literatur yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode literature review. Dimana penelitian ini mengambil intisari dari berbagai sumber yang kemudian dianalisis kembali oleh penulis. Dari hasil tinjauan literature yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan sangat efektif dilakukan untuk mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini, karena metode pembiasaan dilakukan setiap hari secara berulang-ulang, shingga hal tersebut dapat membantu anak dalam mengembangkan kemandiriannya. Dimana dalam metode pembiasaan terdapat 3 kegiatan yang dapat dilakukan, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan dengan keteladanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025