Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Penerapan Pendekatan PAIKEM Berbantuan Media Gambar Comment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS 1 SMAN 2 Praya

Nopiza, Liza (Unknown)
Suryanti, Ni Made Novi (Unknown)
Nursaptini, Nursaptini (Unknown)
Masyhuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penerapan pendekatan PAIKEM berbantuan media gambar comment merupakan salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar. Sebagaimana permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Praya yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan pendekatan PAIKEM berbantuan media gambar comment. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Praya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsrvasi, tes dan dokumentasi. Pada siklus I pelaksanaan pendekatan PAIKEM berbantuan media gambar comment indikator yang muncul 17 dari 20 indikator dengan persentase 85% dan keaktifan belajar mencapai 8 siswa dengan persentase 29% belum mencapai indikator keberhasilan 75%, Pada siklus II terjadi peningkatan pada pelaksanaan pendekatan PAIKEM berbantuan media gambar comment mengalami peningkatan 20 indikator yang muncul dengan tingkat keberhasilan 100% dan telah mencapai indikator keberhasilan, keaktifan belajar juga meningkat yaitu 23 siswa dengan persentase 82% dari 28 siswa dengan indikator keberhasilan 75%.Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan PAIKEM berbantuan media gambar comment dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Praya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...