Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar peserta didik kelas 3 SDN 1 Tambakrigadung pada materi lempar tangkap bola. Pendekatan ini memberikan ruang bagi perbedaan kemampuan peserta didik melalui pengelompokan berdasarkan tingkat keterampilan, yang kemudian diberikan latihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan satu kelompok yang diberikan pre-test dan post-test Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 peserta didik, yang ditentukan melalui teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan TGMD-2 (Test of Gross Motor Development–2) yang telah terbukti valid dan reliabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test sebesar 68,00 meningkat menjadi 83,67 pada post-test. Pengujian menggunakan paired t-test memperoleh nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang menandakan bahwa perlakuan yang diberikan memberikan dampak yang berarti. Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi telah menunjukkan efektivitasnya dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar peserta didik tingkat Sekolah Dasar, khususnya pada aspek manipulatif seperti melempar dan menangkap bola. Penelitian ini mendukung penerapan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dalam mata pelajaran PJOK.
Copyrights © 2025