Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Metode Membaca Terbimbing Kelas II Sekolah Dasar Negeri 24 Pontinak Kota

Safitri, Novi (Unknown)
,, Martono (Unknown)
Pranata, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II A SDN 24 Pontianak Kota melalui metode membaca terbimbing. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini melibatkan 26 peserta didik (14 laki-laki, 12 perempuan) dan wali kelas II A sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan tes lisan, menggunakan lembar evaluasi dan observasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Dapat diperoleh Hasil penelitian mengalami peningkatan signifikan pelaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar peserta didik, dan kemampuan membaca. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat dari 77,89% (cukup) pada siklus I menjadi 96,51% (amat baik) pada siklus III. Hasil aktivitas belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari 67,22% (perlu peningkatan) pada siklus I menjadi 82,07% (baik) pada siklus III. Kemampuan membaca peserta didik juga terus meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata adalah 74 dengan ketuntasan 46,15% (sangat kurang). Siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 82,73 dengan ketuntasan 73,07% (cukup). Puncaknya, pada siklus III, nilai rata-rata mencapai 86,61 dengan ketuntasan 100% (sangat baik), menandakan seluruh peserta didik telah mencapai atau melampaui indikator keberhasilan. Ini membuktikan bahwa metode membaca terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...