Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II A SDN 24 Pontianak Kota melalui metode membaca terbimbing. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini melibatkan 26 peserta didik (14 laki-laki, 12 perempuan) dan wali kelas II A sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan tes lisan, menggunakan lembar evaluasi dan observasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Dapat diperoleh Hasil penelitian mengalami peningkatan signifikan pelaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar peserta didik, dan kemampuan membaca. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat dari 77,89% (cukup) pada siklus I menjadi 96,51% (amat baik) pada siklus III. Hasil aktivitas belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari 67,22% (perlu peningkatan) pada siklus I menjadi 82,07% (baik) pada siklus III. Kemampuan membaca peserta didik juga terus meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata adalah 74 dengan ketuntasan 46,15% (sangat kurang). Siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 82,73 dengan ketuntasan 73,07% (cukup). Puncaknya, pada siklus III, nilai rata-rata mencapai 86,61 dengan ketuntasan 100% (sangat baik), menandakan seluruh peserta didik telah mencapai atau melampaui indikator keberhasilan. Ini membuktikan bahwa metode membaca terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Copyrights © 2025