Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Analisis Implementasi di Madrasah Tapanuli Utara)

Hijrah Gultom, Nikmatul (Unknown)
Zulhammi, Zulhammi (Unknown)
Hasibuan, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Kabupaten Tapanuli Utara. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru dan satuan pendidikan untuk merancang pembelajaran kontekstual, relevan dengan kebutuhan peserta didik, serta menekankan pada pembelajaran yang berdiferensiasi dan berbasis proyek. Metode yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka efektif dalam meningkatkan pemahaman keagamaan, motivasi belajar, dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan keagamaan. Efektivitas ini didukung oleh ketersediaan modul ajar, pelatihan guru, serta dukungan kepala madrasah. Namun, keterbatasan fasilitas, variasi kemampuan siswa, dan kesiapan guru menjadi tantangan utama. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan penyediaan sarana pendukung sebagai upaya optimalisasi implementasi Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...