Polynom: Journal in Mathematics Education
Vol. 4 No. 3 (2024): November 2024

Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa: Systematic Literature Review

Rizqi, Alfiya (Unknown)
Nurul Arfinanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini disusun dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Peneliti dalam hal ini telah mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis penelitian-penelitian yang relevan sesuai dengan kajian pengembangan LKPD berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pencarian artikel yang peneliti lakukan yaitu dengan Google Scholar melalui Publish or Perish. Kata kunci yang digunakan seperti pengembangan LKPD berbasis etnomatematika, LKPD untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil pencarian muncul 100 artikel yang terkait dengan kata kunci tersebut dan difilter menjadi 18 artikel untuk dikaji. Hasil review artikel bahwa pengembangan LKPD berbasis etnomatematika dapat memfasilitasi berbagai kemampuan siswa, salah satunya adalah berpikir kreatif matematis. Beragam budaya dapat ditampilkan dalam etnomatematika sesuai dengan materi yang diajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Polynom

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Polynom: Journal in Mathematics Education mencakup penelitian asli dalam pendidikan matematika dan tidak diserahkan ke jurnal atau konferensi lain dari berbagai bidang penelitian seperti penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, survei, penelitian tindakan kelas, dll. Jurnal ini ...