Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Implementasi Media Counting Box Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 33 Mataram

Puspita, Gina (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Lestari, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan media Counting Box untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SDN 33 Mataram pada materi penjumlahan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 33 Mataram dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 33 Mataram yang berjumlah sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus pembelajaran terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes evaluasi dan doumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase klasikal ketuntasan. Hasil penelitian tindakan kelas ini memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 69,6, dan pada siklus II menjadi 80,45. Siswa yang telah memenuhi ketuntasan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dari 45,45% pada siklus I meningkat secara signifikan menjadi 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil pene;itian dapat disimpulkan bahwa implementasi media Counting Box berbantuan Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas 1 SDN 33 Mataram materi operasi penjumlahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...