Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka ditijau dari Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Prayunisa, Fena (Unknown)
Rasyidi, Mulia (Unknown)
Mahariyanti, Ermila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari hasil belajar IPA siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan konten, pedagogi, dan teknologi secara seimbang dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jerowaru yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPACK berbasis saintifik dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kedua kelompok, namun kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan berdasarkan uji-t dengan nilai signifikansi 0.00000145 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berbasis TPACK efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...