Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 7 (2025)

Optimalisasi Media DIAKULTURA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD

Yulianti, Dita (Unknown)
Nuraini, Ni Luh Sakinah (Unknown)
Ningsih, Wiwik Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pelajaran Pendidikan Pancasila dengan memanfaatkan media DIAKULTURA (Diorama Keberagaman Kultur dan Budaya). Media ini dikembangkan sebagai alat bantu pembelajaran yang nyata dan interaktif untuk memperdalam pemahaman peserta didik tentang keragaman budaya di Indonesia. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, di mana masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa, yang meningkat dari 33,3% pada pra-siklus, menjadi 70,3% pada siklus 1, dan bertambah lagi hingga mencapai 88,9% pada siklus 2. Penggunaan media DIAKULTURA terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, meningkatkan motivasi, serta memfasilitasi pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...