Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis bagi siswa kelas X program keahlian bisnis digital di SMK. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih kontekstual, menarik, dan relevan dengan perkembangan dunia usaha serta karakteristik peserta didik abad ke-21. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Modul dikembangkan menggunakan perangkat lunak Canva dan Flipbook Maker, serta memuat elemen interaktif seperti video, kuis, dan tautan eksternal. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru menunjukkan bahwa modul berada dalam kategori sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 88%. Uji coba terbatas kepada siswa menunjukkan bahwa penggunaan flipbook interaktif mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap materi komunikasi bisnis. Modul ini juga dinilai adaptif terhadap kebutuhan siswa digital native, serta efektif dalam mendukung pembelajaran yang lebih mandiri, kolaboratif, dan bermakna. Temuan ini menunjukkan bahwa pengintegrasian teknologi digital dalam pembelajaran vokasional dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kualitas dan efektivitas proses pembelajaran.
Copyrights © 2025