Kemampuan siswa dalam memahami operasi aritmatika dasar masih tergolong rendah, khususnya dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap konsep operasi aritmatika melalui media "kantong ajaib" pada siswa SD Kelas 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong ajaib dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 52% pada siklus 1 menjadi 74,4% pada siklus 2, sedangkan aktivitas pada siklus 1 yang berada dalam kategori rendah sebesar 18,8% mengalami penurunan pada siklus 2. Pemahaman siswa terhadap konsep aritmatika juga meningkat, terlihat dari ketuntasan klasikal yang awalnya 33% menjadi 88,9%. Kesimpulannya, penggunaan media kantong ajaib terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep operasi aritmatika siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025