Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Refleksi Kritis Pendidikan Paulo Freire Terhadap Kurikulum Merdeka di Indonesia

Situmorang, Sisca Theresia (Unknown)
Pandiangan, Diva Indah Maria (Unknown)
Simangunsong, Sarah Fergy (Unknown)
Siboro, Grace Angel Florense Purba (Unknown)
Marbun, Valentina Margaretha (Unknown)
Purba, Enzeria Neva (Unknown)
Pandianga, Mesriana (Unknown)
Sinaga, Christa Voni Roulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kurikulum Merdeka dalam perspektif pendidikan kritis Paulo Freire, khususnya dalam kaitannya dengan konsep pendidikan sebagai praksis pembebasan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan analisis kritis-interpretatif terhadap kebijakan Kurikulum Merdeka, buku-buku utama karya Freire, serta literatur ilmiah yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka membawa semangat desentralisasi dan fleksibilitas melalui konsep seperti merdeka belajar, projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan diferensiasi pembelajaran, secara substantif kurikulum merdeka belum sepenuhnya mewujudkan pendidikan pembebasan dalam makna Freirean. Guru masih diposisikan sebagai pelaksana kebijakan ketimbang sebagai subjek ideologis yang mampu merumuskan pendidikan secara kontekstual dan transformatif. Pelatihan guru lebih banyak bersifat teknis dan prosedural, bukan penguatan kapasitas kritis. Selain itu, ruang dialog dalam pembelajaran masih bersifat superfisial dan belum menyentuh struktur ketimpangan sosial secara sistematis. Proyek P5 juga cenderung menekankan aktivitas moral-spiritual yang netral secara politik dan belum diarahkan untuk membongkar realitas ketidakadilan sosial. Dalam pandangan Freire, situasi ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka berpotensi menjadi instrumen kontrol baru yang terselubung dalam narasi kebebasan. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan perlunya reorientasi ideologis dan praksis dalam implementasi Kurikulum Merdeka agar lebih sesuai dengan semangat pendidikan kritis dan transformatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...