Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 2 (2025)

Design Research: Pengembangan Lintasan Belajar Self Regulated Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecah Masalah Matematis

Kumala, Putri (Unknown)
Ramadhani, Nisa (Unknown)
Panggabean, Ellis Mardiana (Unknown)
Harahap, Tua Halomoan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar self regulated pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Design Research yang dikemukakan oleh Gravemeijer & Cobb, dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu tahap persiapan penelitian, penelitian di dalam kelas, dana analisis retrospektif. Adapun penelitian ini dilaukukan di SMP Dwiwarna Medan dengan subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 2 pertemuan, yaitu 1) pertemuan pertama : Konsep Relasi, Penyajian Relasi dan Konsep Kodomain, Kodomain dan Range, 2) pertemuan kedua : Konsep Fungsi, dan Korespondensi Satu-satu, Instrumen penelitian yang digunakan berupa hipotesis lintasan belajar dan data yang dikumpulkan melalui observasi, rekaman suara, dan Lembar Aktivitas Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar self regulated pada materi Relasi dan Fungsi dengan pendekatan pendekatan matematika realistik yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sudah sesuai dengan karakteristik dari pembelajaran PMR, dan ketika proses belajar mengajar berlangsung tampak bahwa siswa lebih termotivasi ketika proses belajar mengajar berlangsung, siswa juga dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, dan dapat mengembangkan keterkaitan dengan konsep lain, berinteraksi dan melakukan refleksi atas pengembangan model yang telah disusun sehingga akan muncul keyakinan dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Self Regulated, PMR, Kemampuan Pemecah Masalah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jippi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam ini memuat publikasi penelitian di bidang pendidikan dan pendidikan islam seperti model, Integrasi pendidikan, ...