Inverted
Vol 5, No 2: Juli 2025

Pengaruh Pembelajaran Projek Kreatif Kewirausahaan dan Lingkungaan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Kelas XI Bidang TIK Se-Kota Gorontalo

Lamarana, Ilfa (Unknown)
Suhada, Sitti (Unknown)
Dwinanto, Arif (Unknown)
Rohandi, Manda (Unknown)
Pakaya, Nikmasari (Unknown)
Sunardi, Sunardi (Unknown)
Pakaja, Jemmy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Projek Kreatif Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Intensi Berwirausaha siswa SMK bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 225 siswa dari lima SMK. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert, yang mengukur variabel Pembelakajaran PKK, Lingkungan Keluarga, dan Intensi Berwirausaha. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pembelajaran PKK memiliki pengaruh signifikansi terhadap intensi berwirausaha sebesar 46,9% (R Square = 0,465), sedangkan Lingkungan Keluarga memberikan pengaruh signifikansi sebesar 33,1% (R Square = 0,331). Secara simultan, kedua variabel memiliki pengaruh positif dan signifikansi sebesar 50,3% terhadap intensi berwirausaha siswa. Nilai signifikansi dari uji linear menunjukkan hubungan yang signifikan pada taraf 0,05. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pendidikan kewirausahaan yang kreatif dan dukungan keluarga dalam membangun jiwa kewirausahaan generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...