Gaya kepemimpinan dan kinerja guru merupakan variabel yang sering dibahas dalam kajian ilmu perilaku. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi gaya kepemimpinan kepala madrasah, yang mencakup gaya otoriter, pengasuh, berorientasi pada tugas, dan partisipatif, terhadap kinerja guru madrasah ibtidaiyah yang diukur melalui empat dimensi utama. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Ishlah, Kota Batam Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang aktif mengajar di madrasah tersebut, sebanyak 40 orang. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap utama. Pertama, analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kecenderungan umum data yang diperoleh dari responden. Kedua, uji asumsi klasik. Ketiga, analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian mendukung hipotesis utama bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara masing-masing gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2025