RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 04 (2025): RUKASI Edisi Juli

Pengaruh Kemampuan Analisis Data terhadap Ketepatan Pengambilan Keputusan Guru dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Kabupaten Cianjur

Tia Ihsantiani (Unknown)
Ratna Wulan Munggaran (Unknown)
Eneng Serli (Unknown)
Lili Halimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Di era pendidikan modern, pengambilan keputusan yang tepat oleh guru menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas keputusan tersebut adalah kemampuan guru dalam menganalisis data pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan analisis data terhadap ketepatan pengambilan keputusan guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar wilayah Kabupaten Cianjur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, melibatkan 20 guru IPS kelas VI dari 10 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data mencakup angket, wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan (r = 0,68, p < 0,05) antara kemampuan analisis data guru dengan ketepatan pengambilan keputusan pembelajaran. Analisis regresi menunjukkan bahwa kemampuan analisis data menyumbang 46,2% terhadap variasi dalam ketepatan keputusan. Temuan kualitatif menunjukkan bahwa guru yang memiliki literasi data tinggi cenderung menyesuaikan strategi pembelajaran secara konsisten, sedangkan guru dengan literasi rendah lebih mengandalkan intuisi. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan pengambilan keputusan berbasis data dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Sekolah disarankan memberikan pelatihan teknis dan dukungan teknologi bagi guru dalam pengolahan data siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Rukasi: The Scientific Journal of Educational and Learning Development adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan oleh ruang publikasi ilmiah dan diterbitkan 6 kali setahun, yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September , November. ...