Dalam era digital, penerapan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan multimedia interaktif sebagai alat pembelajaran bagi siswa kelas 6 MI Roudlotul Mubtadiin, dengan fokus pada materi tata surya. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media inovatif. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) digunakan dengan memodifikasi model Sugiyono. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini memiliki tujuh menu utama dengan sembilan sub menu materi dan tiga sub menu belajar dan bermain, yang divalidasi oleh ahli media dengan skor 97,5% dan oleh ahli materi dengan skor 98,75%, menunjukkan kategori sangat baik. Uji efektivitas pada siswa menunjukkan hasil 95,5%, juga dalam kategori sangat baik. Kesimpulannya, multimedia interaktif ini terbukti efektif dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif, memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi implementasi dalam konteks yang lebih luas.
Copyrights © 2025