ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji struktur cerpen, nilai-nilai sosial tokoh cerpen, dan nilai-nilai sosial tokoh dalam cerpen “Nasihat-Nasihat” karya A.A. Navis yang dikaitkan dengan bahan ajar sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis isi intrinsik serta dialektika relasional milik Faruk (2021). Objek penelitian adalah cerpen “Nasihat-Nasihat” dan data diperoleh dari kutipan-kutipan yang mengandung nilai-nilai sosial. Hasil penelitian menunjukkan cerpen memiliki struktur alur maju dengan konflik kompleks, tokoh utama yang mengalami perkembangan karakter, serta latar yang mendukung tema. Nilai sosial yang ditemukan meliputi hormat kepada orang tua, kesetiaan, kepedulian, dan keterbukaan terhadap perubahan. Temuan ini berfungsi sebagai landasan pengembangan modul sastra berbasis Problem Based Learning dan Contextual Teaching & Learning pada Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Bahan ajar, cerpen, nilai sosial ABSTRACT The purpose of this study was to examine the structure of the short story, the social values of the characters in the short story, and the social values of the characters in the short story "Nasihat-Nasihat" by A.A Navis which are associated with literary teaching materials. This study uses a qualitative descriptive approach and uses the intrinsic content analysis approach and Faruk's relational dialectics (2021). The object of the study was the short story "Nasihat-Nasihat" and data was obtained from quotations containing social values. The results of the study showed that the short story has a progressive plot structure with complex conflicts, main characters who experience character development, and a setting that supports the theme. The social values found include respect for parents, loyalty, caring, and openness to change. These findings are the basis for the development of literature modules based on Problem-Based Learning and Contextual Teaching & Learning in the Merdeka Curriculum Keyword: Teaching materials, short stories, social values
Copyrights © 2025