Perkembangan teknologi pendidikan menuntut adanya inovasi dalam penyampaian materi untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Pembelajaran berbasis 3D dan Augmented Reality (AR) melalui platform seperti Assemblr EDU menawarkan potensi visualisasi yang imersif, namun sering kali terhambat oleh kompleksitas dan waktu dalam pembuatan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan integrasi fitur Artificial Intelligence (AI) dalam platform Assemblr EDU guna mengakselerasi dan menyederhanakan proses pembuatan media pembelajaran 3D yang menarik dan inovatif. Metode yang digunakan adalah studi pengembangan konseptual dengan menganalisis kapabilitas AI, seperti generative AI untuk pembuatan aset 3D dari perintah teks dan AI adaptif untuk personalisasi pengalaman belajar. Hasil dari optimalisasi ini menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dapat secara signifikan mengurangi waktu dan keahlian teknis yang dibutuhkan oleh pendidik. Guru dapat dengan cepat menghasilkan objek 3D custom, skenario interaktif, dan kuis dinamis yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Implementasi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman konseptual siswa karena pengalaman belajar menjadi lebih personal, interaktif, dan relevan. Kesimpulannya, optimalisasi AI dalam Assemblr EDU bukan hanya merupakan sebuah kemajuan teknis, tetapi juga solusi pedagogis yang memberdayakan pendidik untuk bertransformasi menjadi fasilitator pembelajaran yang efektif di era digital.
Copyrights © 2025