Keanekaragaman hayati Indonesia yang tinggi belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran kontekstual, khususnya dalam bidang kimia organik. Salah satu kekayaan hayati tersebut adalah tumbuhan inang burung cenderawasih yang memiliki potensi senyawa metabolit sekunder, namun masih minim dieksplorasi secara ilmiah dan pedagogis. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kandungan fitokimia tumbuhan inang burung cenderawasih dan mengaitkan temuannya dengan pengembangan pembelajaran kimia organik berbasis lingkungan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review, yang bersifat deskriptif analitik. Data dikumpulkan melalui telaah sistematis terhadap artikel ilmiah nasional dan internasional yang relevan, buku referensi akademik, serta dokumen penelitian yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025. Instrumen penelitian berupa checklist evaluatif berbasis kriteria PRISMA digunakan untuk menyeleksi dan menilai kelayakan literatur yang ditinjau. Analisis data dilakukan melalui teknik reduksi dan kategorisasi isi temuan berdasarkan jenis senyawa fitokimia, karakteristik struktur organik, serta relevansinya terhadap materi ajar kimia organik di tingkat menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan inang burung cenderawasih mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, dan terpenoid yang dapat digunakan sebagai contoh nyata dalam menjelaskan konsep struktur molekul, gugus fungsi, dan klasifikasi senyawa organik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa potensi fitokimia tumbuhan endemik Papua ini tidak hanya penting secara farmakologis, tetapi juga strategis untuk memperkuat pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu, pengintegrasian hasil studi fitokimia ke dalam bahan ajar berbasis lingkungan lokal direkomendasikan untuk meningkatkan relevansi dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia organik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan eksplorasi eksperimental terhadap ekstrak tumbuhan tersebut, guna memperkuat validitas ilmiah dan aplikasinya dalam bentuk media pembelajaran interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025